Sebelumnya bagi yang butuh contoh lajur pada pembukuan dan contoh laporan penggunaan obat narkotika, psikotropika, dan generic..silahkan hubungi saya di neutronfarma@yahoo.com-
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perkembangan ilmu dan teknologi yang pesat disegala bidang
memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap bisnis dan ekonomi. Penyajian
informasi perusahaan yang dahulu dibuat secara manual kini dikerjakan dengan bantuan
komputer. Dan ini memberikan dampak positif maupun negatif terhadap lingkungan
perusahaan. Dampak positif yang dapat dilihat disini bahwa perusahaan tidak
lagi harus menghabiskan banyak waktu hanya sekedar untuk membuat laporan
keuangan. Dengan sistem informasi akuntansi yang sudah berkembang pesat
penyajian laporan keuangan dapat dilakukan dengan sangat cepat ddengan minimnya
resiko kesalahan penyajian yang immaterial. Namun dampak negatif yang terjadi
pada perusahaan pun juga tidak sedikit. Perusahaan harus melakukan pengurangan
sumber daya manusia untuk mengurangi pengeluaran yang sia-sia. Oleh karena itu
perusahaan yang berkembang sekarang lebih mengutamakan sistem informasi
akuntansi yang baik ketimbang memperbanyak sumber daya manusia.
Sistem informasi akuntansi dimaksudkan disini adalah metode
atau prosedur untuk mengumpulkan,mengklasifikasikan, mengikhtisarkan, dan
melaporkan informasi mengenai keuangan dan operasi usaha. Sistem informasi
akuntansi digunakan sebagai pengendalian intenal terhadap aktiva dan melindungi
aktiva dari penyalahgunaan, serta memastikan bahwa informasi yang dibuat
akurat. Dengan demikian disarankan setiap perusahaan memiliki sistem informasi
akuntansi yang baik untuk menjaga aktiva yang dimilikinya.
Bisnis apotek dan Toko Obat dapat dibandingkan dengan skala
ritel umum atau franchise Mart yang marak mengepung masyarakat. Secara teknis
bisnis, apotek dan Toko Obat membutuhkan manajemen khusus karena diferensiasi
serta spesifikasi produk yang kuat pada produknya, produk kesehatan, khususnya
obat dan Perbenkes.
Apotek dan Toko Obat adalah bisnis, sedangkan profesi
apoteker sebagai penanggungjawabnya adalah bentuk pelayanan kesehatan. Lalu,
bagaimana mewujudkan sinergi yang baik dari segi bisnis dan pelayanan ? Ya,
apotek dan Toko Obat harus menjadi tempat yang nyaman, leluasa, serta ramah
dengan pasien atau konsumen. Ramah, leluasa, dan nyaman ini adalah sebuah
personifikasi dari tata letak, pencahayaan, serta tata ruang apotek sehingga
pengunjung- yang bisa saja bukan pasien atau konsumen, melainkan pengantar atau
keluarga- menjadi betah dan merasa “diterima” dengan baik. Ini adalah kesan
pertama yang menjadi sentuhan awal ( first touch) yang memberikan efek
psikologis “lebih” dibandingkan dengan suasana yang terkesan kaku dan formal.
Manajemen Apotek, adalah
manajemen farmasi yang diterapkan di apotek. Sekecil napaun suatu apotek,
sistem manajemennya akan terdiri atas setidaknya beberapa tipe manajemen, yaitu
1. Manajemen
keuangan
2. Manajemen Persediaan Barang
3. Manajemen
pembelian
4. Manajemen Pemasaran
5. Manajemen
penjualan
6. Manajemen Khusus
Sebagaimana yang akan
kami bahas adalah mengenai manajemen keuangan, dimana pada manajemen keuangan
ini akan membahas tentunya berkaitan dengan
pengelolaan keuangan, keluar masuknya uang, penerimaan, pengeluaran,
dan perhitungan farmako ekonominya. Selanjutnya adalah mengenai pencatatan dan
pelaporan serta pembukuan yang merupakan bagian dari administrasi manajemen di
apotek dan Toko Obat.
B. Tujuan
Adapun tujuan kami dalam pembuatan makalah Manajemen, Pengadaan dan
Akutansi Farmasi yang membahas mengenai Pencatatan, Pelaporan dan Manajemen
Keuangan Obat dan Perbenkes ini adalah.
1.
Memenuhi tugas Manajemen
Pengadaan dan Akutansi Farmasi yang merupakan salah satu mata kuliah di
Akademi Farmasi Al-Fatah Bengkulu.
2.
Mengembangan pengetahuan mahasiswa mengenai Manajemen di
Apotek dan Tokoh Obat, khususnya mengenai Pencatatan, Pelaporan dan Manajemen
Keuangan Obat dan perbenkes.
C. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang timbul dalam pembuatan makalah Manajemen,
Pengadaan dan Akutansi Farmasi yang membahas mengenai Pencatatan, Pelaporan dan
Manajemen Keuangan Obat dan Perbenkes ini adalah, yang menjadi tujuan
pencatatan dan pelaporan di Apotek dan Toko Obat, tujuan manajemen keuangan, system manajemen keuangan, hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam pencatatan, pelaporan dan manajemen keuangan, jenis-jenis buku yang diperlukan untuk
pencatatan dan pelaporan, contoh
pencatatan dan pelaporan di Apotek serta analisis laporan keuangan.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.
Definisi Pencatatan dan
Pelaporan
Pencatatan dan pelaporan data obat di Apotek dan Toko Obat
merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka penatausahaan obat-obatan dan
Perbenkes secara tertib baik obat-obatan yang diterima, disimpan,
didistribusikan maupun yang digunakan di unit pelayanan kesehatan lainnya.
B. Tujuan pencatatan dan Pelaporan
1.
Tersedianya data mengenai jenis dan jumlah penerimaan,
persediaan, pengeluaran/ penggunaan dan data mengenai waktu dari seluruh
rangkaian kegiatan mutasi obat.
2.
Sebagian dari kegiatan pencatatan dan pelaporan obat ini
telah diuraikan pada masing-masing aspek pengelolaan obat.
3.
Bukti bahwa suatu kegiatan telah dilakukan.
4.
Sumber data untuk melakukan pengaturan dan pengendalian.
5.
Sumber data untuk pembuatan laporan.
C.
Tujuan Manajemen Keuangan
Keuangan merupakan factor
penentu, perlu adanya system control dan pembagian tugas. Bendahara mengontrol
dan menerima setoran dari kasir di bagian muka apotek mengenai hasil penjualan
tunai dan dari administrasi piutang hasil tagihan piutang.
Control pemasukan uang,
bendahara dibantu administrasi mengontrol tagihan piutang dan dari penjualan
tunai harian, pengontrolan dapat menggunakan alat kas register. Mengadakan
evaluasi hasil penjualan dan pencatatan dilakukan secara efektif dan efisien
tetapi mudah, sederhana dan reliable terhadap masalah keuangan. Bendahara tidak
berhak mengeluarkan uang tanpa ada persetujuan dari atasan, tugasnya adalah
menerima dan mencatat uang yang masuk.
Pengeluaran uang dapat
berupa :
a.
Pembayaran hutang dagang, dilakukan oleh administrasi
pembelian dan control oleh administrasi gudang.
b.
Pebayaran biaya disertai oleh pembuktian yang syah dan
control serta fiat oleh pimpinan.
Pembayaran gaji dilakukan oleh administrasi kepegawaian.
Pembayaran biaya yang lain berupa biaya rutin , seperti telepon, listrik dan
lain-lain.
Pembayaran selain dapat berupa uang kontan dapat pua melalui
bank dengan mengeluarkan cheque. Sebaiknya bendahara tidak terlalu banyak
menyimpan uang di brankas, tetapi lebih baik disimpan di bank.
Data keuangan
tersebut diperlukan oleh pimpinan apotek untuk :
1.
Merencanakan manajemen dan pengembangan apotek.
2.
Mengetahui posisi keuangan.
3.
Mengevaluasi perkembanan
apotek.
D.
Hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam pencatatan dan pelaporan dan manajemen keuangan.
Laporan merupakan rangkaian kegiatan dalam pencatatan usaha
obat-obatan secara tertib, baik obat yang diterima, disimpan maupun di
distribusikan untuk pelayanan jenis-jenis pelaporan di puskesmas dan di Apotek.
Untuk memudahkan dalam penulisan laporan yang akan
dilaporkan kepada Kantor Wilayah Departemen Kesehatan maka untuk obat narkotika
diadakan stock opname setiap sebulan sekali pada tanggal satu dan dibuat
laporannya sebanyak tiga rangkap yang ditunjukan ke Dinas Kesehatan Kota, serta
tembusan ke Dinas Kesehatan Propinsi dan Badan POM sediaan lainnya diadakan
stock opname setiap setahun sekali tiap akhir tahun.Apoteker Pengelola Apotek
(APA) menyusun resep yang telah dikerjakan menurut urutan tanggal dan nomor
urut penerimaan resep.
Resep harus disimpan setiap sekurang-kurangnya selama tiga
tahun. Resep yang mengandung narkotika harus dipisahkan dari resep lain. Untuk
pelaporan resep harus dituliskan jumlah resep yang masuk dengan mencantumkan
harga dari masing-masing resep. Resep yang telah disimpian melebihi jangka
waktu penyimpanan dapat dimusnahkan dan dibuat berita acaranya. Semua hal ini
tidak berlaku pada Toko Obat, karena seperti yang kita tahu bahwasannya Toko
Obat hanya menjual Obat bebas dan Obat bebas terbatas saja.
a.
Format Laporan
Narkotika
Yaitu
laporan yang dibuat oleh Apotek guna mencatat pengedaran dan pemakaian obat
narkotika yang berasal dan resep dokter dalam satu bulannya.
Laporan
ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu dengan tembusan:
1) Kepala
Dinas Kesehatan Propinsi Bengkulu.
2) Kepala
Balai POM Bengkulu.
3) Arsip.
Contoh:
format laporan terlampir.
b. Format
Laporan Psikotropika
Adalah suatu laporan yang dibuat Apotek
untuk mencatat pengeluaran obat Psikotropika berdasarkan pelayanan resep dokter
setiap bulannya ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu dengan
tembusan:
1) Kepala
Dinas Kesehatan Propinsi Bengkulu.
2) Kepala
Balai POM Bengkulu.
3) Arsip.
Contoh:
format laporan terlampir.
c. Format
Laporan Obat Generik
Yaitu suatu laporan yang dibuat oleh
pihak Apotek yang mencatat nama dan alamat dokter. Jumlah resep dan nama obat
berasal dan dokter setiap bulannya. Laporan obat generik ditujukan kepada
Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Bengkulu dengan tembusan:
a) Kepala
Dinas Kesehatan Kota Bengkulu.
b) Kepala
Badan POM.
c) Arsip.
E. Jenis Buku yang Digunakan
dalam Pencatatan dan Pelaporan
Pembukuan adalah
salah satu rangkaian kegiatan pencatatan semua transaksi keuangan dalam suatu
badan instansi, fungsinya mengetahui dan memperoleh dalam mengontrol jalannya
proses kegiatan agar sesuai dengan tujuan dan rencana yang telah ditetapkan.
Adapun buku-buku yang digunakan dalam pencatatan dan pelaporan adalah :
1.
Buku kas
Buku Kas adalah buku pencatatan semua
transaksi uang tunai, baik itu penerimaan maupun pengeluaran. Berfungsi untuk
mencatat jumlah atau besar kecilnya pendapatan tiap bulannya. Pencatatan
dilakukan setiap akhir bulan.
2.
Buku Pencatatan Barang
Adalah buku yang digunakan untuk
mencatat barang-barang yang dikirim berdasarkan faktur barang yang
bersangkutan, yang mengisi buku ini ialah asisten apoteker (AA) yang telah di
beri wewenang kemudian barang yang diterima harus dicek terlebih dahulu agar
tidak terjadi kesalahan.
3.
Buku Pencatatan resep
Adalah buku yang digunakan untuk
mencatat resep yang masuk ke apotek yang harus ditulis oleh asisten apoteker
(AA) setiap hari, buku ini juga berguna apabila ada kesalahan dalam menerima
resep.
4.
Buku Bank
Buku bank adalah
buku pencatatan segala transaksi yang dilakukan melalui bank. Berfungsi untuk
mencatat pemasukan atau keperluan lain dan yang dibayarkan melalui cek yang
didasarkan bila ada rekening Apotek di Bank.
5.
Buku blanko surat
pemesanan barang
Adalah buku yang berisikan atas suatu
barang atau obat yang telah habis atau persediaan obat sudah sangat sedikit.
6.
Buku pencatatan
hutang/buku faktur
Buku faktur adalah
buku yang digunakan untuk mencatat hutang Apotek sehingga dapat memperoleh
mengetahui berapa besar hutang yang ditanggung Apotek dicatat Iangsung pada
buku faktur yang telah dipindahkan sesuai dengan PBF masing-masing.
7.
Buku Ekspedisi
Adalah buku yang telah digunakan untuk
mencatat nomor-nomor surat penting yang akan dikirim, guna untuk dijadikan
bukti bila terjadi kesalahan dalam mencatat pelaporan obat setiap bulannya. Buku
ini digunakan untuk mencatat barang yang masuk dan diterima dan PBF, dapat juga
digunakan untuk mengecek barang yang diterima.
8.
Blanko Salinan Resep
Adalah salinan resep yang digunakan berupa
salinan resep tertulis dari suatu resep atau nama lainnya “Apograph”.
9.
Blanko Kwitansi
Adalah digunakan apabila pasien
menginginkan bukti pembayaran atas resep yang telah dibelinya.
10. Buku
Penjualan Bebas
Buku ini digunakan untuk mencatat
barang, baik kosmetilc maupun alat kesehatan yang telah dijual dan Apotek. Buku
Penjualan Bebas, yang mencakup penjualan obat-obat bebas, bebas terbatas, obat
wajib Apotek dan kosmetika.
11. Buku Penjualan Obat-obat melalui resep
dokter.
12. Buku
Pencatatan Resep Umum, Narkotika dan Psikotropika
1) Buku
Pencatatan Resep Umum
Buku ini digunakan untuk mencatat
pengeluaran obat melalui resep yang dicatat setiap harinya.
2) Buku
Pencatatan Resep Narkotika dan Psikotropika Buku ini digunakan untuk mencatat
penggunaan atau pengeluaran obat Narkotika dan Psikotropika setiap han sesuai
dengan resep dokter. Bukti ini ditutup setiap akhir bulan supaya diketahui
jumlah pemakaian narkotika dan psikotropika setiap bulannya.
3) Blanko
Pesanan Obat Surat Pesanan
Blanko ini ditulis berdasarkan buku
permintaan barang kebutuhan obat obatan atau perbekalan farmasi di Apotek yang
ditanda tangani oleh Apoteker Pengelola Apotek.
Surat Pesanan ini terdiri dan:
a. Wama
putih (asli) dikirim ke PBF.
b. Warna
kuning (copy) sebagai arsip.
Apotek
NITA melakukan pemesanan obat ke PBF yang ada di Propinsi Bengkulu dan ada
beberapa di luar Propinsi.
Macam-macam
blanko pesanan obat:
1. Blanko
pesanan obat bebas, bebas terbatas dan obat keras 1 (blanko)
Umumnya, Apotek NITA melakukan
pemesanan obat melalui sales dan harus disertai dengan pemesanan.
Contoh pesanan obat bebas terlampir.
2. Blanko
Pesanan Psikotropika
Blanko pemesanan ini terdiri dan 2
(dua) rangkap:
a) Warna
putih (asli) dikirim ke PBF.
b) Warna
putih (copy) sebagai arsip Apotek.
Jika
pemesanan ditujukan kepada PBF yang berdomisihi di dalam wilayah Propinsi
Bengkulu, maka Surat Pesanannya sama dengan surat pesanan obat keras dan surat
pesanan tersebut tidak perlu dilegalisir oleh Dinas Kesehatan Propinsi
Bengkulu, tetapi jika pesanan obat psikotropikanya ditujukan ke PBF yang
berdomisili di luar wilayah Propinsi Bengkulu, maka Surat Pesanan tersebut
sebelum dikirimkan kepada PBF yang dituju harus dilegahisir terlebih dahulu ke
Dinas Kesehatan Propinsi Bengkulu.
Contoh
blanko pemesanan obat Psikotropika terlampir.
4) Blanko
Pesanan Narkotika
Blanko
ini ditujukan ke PBF Kimia Farma Bengkulu, karena PBF ini yang diberi izin dan
wewenang untuk mendistribusikan that narkotika tersebut Surat pesanan ini
ditanda tangani oleh Apoteker Pengelola Apotek, apabila Apotek mehakukan
pemesanan narkotika pada PBF yang berdomisili di luar wilayah Propinsi Bengkulu
maka surat pesanannya harus dilegalisir terlebih dahulu oleh Dinas Kesehatan
Propinsi Bengkulu. Blanko pemesanan obat narkotika terdiri dan 4 rangkap:
a) Warna
putih (asli) dikirim ke PBF.
b) Warna
merah (copy) serahkan ke Dinkes Propinsi Bengkulu.
c) Warna
kuning (copy) sebagai arsip Apotek.
d) Warna
biru (copy) untuk arsip Apotek
Contoh
blanko pemesanan obat narkotika terlampir.
5) Blanko
kartu stock dan blanko persiapan barang
Blanko kartu stock adalah blanko yang
digunakan untuk mencatat keluar masuknya obat-obatan dalam gudang di luar
gudang selain itu juga untuk mengetahui kadaluarsa dan obat.
6) Blanko
Kwitansi dan Nota Penjualan
Kwitansi adalah tanda bukti yang
diberikan, apabila pasien meminta tanda bukti atas pembelian, pembayaran.
Sedangkan nota digunakan untuk mencatat pembelian obat, kosmetika maupun alat
kesehatan yang akan dijual di Apotek.
Contoh blanko kwitansi terlampir.
7) Blanko
Salinan Resep
Adalah blanko yang dibuat untuk
menyalin kembali resep sesuai dengan resep aslinya. Hal ini dilakukan apabila
pasien hanya dilayani sebagian dan resep aslinya, atas permintaan pasien itu
sendiri dan tidak mengandung obat narkotika. Hal ini dilakukan guna menghindari
penyalah gunaan obat narkotika.
contoh blanko salinan resep terlampir.
F. Analisis laporan keuangan
Laporan keuangan pada
dasarnya adalah hasil proses akuntansi yang digunakan sebagai alat komunikasi
data keuangan atau aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan keuangan guna
memberikan informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Laporan keuangan
sebuah perusahaan menunjukkan kondisi kesehatan perusahaan dan kinerja
perusahaan tersebut.
Menurut Penjelasan
Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), tujuan laporan keuangan adalah menyediakan
informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi
keuangan suatu perusahaan.
1.
Unsur-unsur laporan
keuangan
Unsur laporan keuangan dikelompokkan
dalam 3 unsur yaitu
a.
Aktiva
Unsur aktiva menggambarkan jumlah
sumber daya yang dimiliki perusahaan.
b.
Kewajiban
Kewajiban menggambarkan transaksi dan
peristiwa ekonomi yang mempengaruhi kinerja perusahaan dalan satu periode waktu
tertentu
c.
Ekuitas
Ekuitas menggambarkan jumlah modal
perusahaan.
Bentuk-Bentuk Laporan Keuangan
Bentuk laporan keuangan yang disajikan secara keseluran
terdiri dari; laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca dan laporan
arus kas. Tapi disini penulis hanya akan membahas laporan laba rugi dan neraca
saja.
1.
Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi (Income Statement)
merupakan laporan yang sistematis tentang pendapatan dan beban perusahaan untuk
satu periode waktu tertentu. Laporan ini memuat informasi mengenai hasil
perusahaan, yaitu laba atau rugi bersih, yang didapat dari hasil pendapatan
dikurangi beban.
Unsur yang dilaporkan di dalam laporan rugi laba adalah :
a.
Penjualan
(pendapatan dari penjualan)
b.
Harga pokok penjualan
c.
Laba kotor
d.
Beban operasi
e.
Laba operasi
f.
Pendapatan lain - lain
g.
Beban lain - lain
h.
Laba bersih
a.
Pendapatan dari
penjualan (revenue from expense)
Adalah seluruh
jumlah tagihan kepada langganan baik atas penjualan tunai maupun atas penjualan
kredit. Untuk mendapatkan penjualan bersih maka retur dan pengurangan harga
serta potongan penjualan dikurangi dari total penjualan :
Penjualan bersih =
|
total penjualan –
retur penjualan & pengurangan harga – potongan penjualan
|
b. Harga pokok penjualan ( Cost of good sold ) = HPP
Unsur - unsur harga pokok penjualan :
1. Persediaan awal = P.Aw
2. Persediaan akhir = P.Ak
3. Pembelian = Pemb (pembelian tunai + kredit )
4. Retur pembelian &
pengurangan harga = RPPH
5. Potongan pembelian = Pot.
Pemb
6. Beban angkut pembelian =
B.Ang.Pemb
HPP = P.Aw +
Pemb - P.Ak
|
Pembelian =
|
Total pembelian - (RPPH + Pot.Pemb)
+ B.Angk.Pemb
|
c. Laba kotor ( gross profit ) = LK
Adalah perbedaan antara penjualan dengan harga
pokok.
Laba kotor = Penjualan bersih - harga pokok
penjualan
LK =
|
Pen.sih – HPP
|
d. Beban operasi (operational expense) = BO
Beban operasi adalah semua beban yang dikeluarkan
yang berhubungan langsung dengan kegiatan utama perusahaan. Secara garis besar terdiri dari :
1.
Beban
Penjualan (selving expences) contohnya gaji bagian penjualan , beban iklan,
beban penyusutan peralatan gudang, beban asuransi penjualan, beban perlengkapan
gudang dan beban penjualan rupa – rupa
2.
Beban
umum (general expences atau administration expences), contohnya beban bagian
kantor, beban penerangan dan pemasaran, beban pajak, beban penyusutan gedung,
beban penyusutan peralatan kantor, beban asuransi umum, beban perlengkapan
kantor dan beban umum rupa - rupa
e. Laba dari operasi
(income from operation)
Laba operasi adalah selisih antara Harga Pokok
Penjualan dengan beban operasi.
Jadi :
Laba operasi =
|
HPP - Beban Operasi
|
f. Pendapatan lain - lain (other income) :
Adalah pendapatan yang
diperoleh dari sumber lain diluar kegiatan utama perusahaan contohnya
pendapatan bunga , pendapatan sewa, deviden dan
laba dari penjualan aktiva tetap.
g. Beban lain - lain ( Other Expence )
Adalah beban yang tidak
dapat dikaitkan dengan beban operasi atau beban yang bukan berasal dari
kegiatan utama persahaan contohnya beban bunga, beban sewa dan beban kerugian
atas penjualan aktiva teta
h. Laba bersih
Adalah hasil yang terakhir
yang diperoleh dari penjumlahan antara laba operasi dengan laba diluar operasi.
Laba operasi diperoleh dari Harga Pokok dikurangi biaya operasi dan laba diluar
operasi (hasil pengurangan antara pendapatan lain - lain dengan biaya lain –
lain).
2.
Laporan perubahan Modal
Untuk tahun
yang berakhir 31 des
Modal (awal) Rp
XXX
Laba bersih Rp XXX
Pengambilan pribadi Rp XXX
Rp XXX (+/-)
Modal
(akhir) Rp XXX
3.
Neraca
Neraca (Balance Sheet) adalah
sebuah laporan yang sistematis tentang posisi aktiva, kewajiban dan modal
perusahaan dalam periode waktu tertentu. Tujuan pembuatan neraca ini adalah
untuk menggambarkan posisi keuangan perusahaan. Neraca dapat disajikan dalam:
a.
Bentuk berbanjar atau horizontal (bentuk
scontro)
b.
Bentuk vertikal ke bawah (bentuk staffel)
4.
Laporan arus kas dapat disusun dengan menggunakan dua
cara:
a.
Metode langsung (direct method)
Berdasarkan
perubahan yang terjadi pada kas dari kativitas operasi , aktivitas investasi,
dan aktivitas pendanaaan.
b.
Metode tidak langsung (indirect method)
dimulai
dari laba bersih dan dilanjutkan dengan melihat faktor-faktor penyesuaian
terhadap kas :
1.
Elemen bukan kas :depresiasi/penghapusan
2.
Kenaikan atau penurunan aktiva lain-lain
3.
Konversi aktiva usaha dari bisnis akrual terhadap basis
kas
ii.
Saran
Demikianlah hasil
pembahasan dalam makalah mengenai Pencatatan
dan Pelaporan serta Manajemen Keuangan Obat dan Perbenkes di Apotek dan Toko
Obat, diharapkan pembaca
sekalian dapat memaklumi apabilah masih terdapat kekurangan dalam pembuatan
makalah ini. Pembaca sekalian yang menjadikan makalah ini sebagai panduan dalam
membuat makalah selanjutnya, maka diharapkan dapat melengkapi referensi yang
berkaitan dengan bahasan. Kritik dan saran dari
pembacapun sangat kami harapkan, guna perbaikan dimasa mendatang. Akhir kata
kami ucapkan terimakasih.
DAFTAR PUSTAKA
Arsip-arsip dan pembukuan di Apotek
NITA (Bengkulu), 2009
Departemen
Kesehatan R.I. 2004. Jilid III. Administrasi
Farmasi. Jakarta : Depkes
leukimia.blogspot.com. laporan pkl apotek kimia farama 72.
Diakses Selasa
15 Mei 2012
AkFar ya Kak... Salam kenal, ini anak SMF Bengkulu...
Lagi nyari tugas, gak sengaja nyasar ke Blog kakak...
Kunjungi juga ya kak?
generasibangsaini.blogspot.com
terima kasih gan atas informasinya, salam sukses
Software Apotek
Halo semua,
Nama saya Marian Savic dari Jakarta di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk menyenangkan hati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, saya mengajukan pinjaman dari sekitar 150 juta dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mendapatkan pinjaman, mereka meminta lagi dan lagi untuk biaya, saya membayar hampir 10 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, ada menunjukkan kepada saya sekitar 2 kali dua wanita yang berbeda di Filipina, saya berharap saya akan bertemu kanan orang, tapi aku tidak.
Tuhan kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja diterapkan untuk pinjaman, dan ia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Ivana Luka, CEO GUARANTY KEPERCAYAAN KREDIT, dan saya diterapkan untuk 420 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tapi aku punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya diselamatkan dari mendapatkan miskin.
jadi saya nasihat semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi
Mrs Ivana Luka melalui email: ivanaluka04@gmail.com
Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut melalui email: mariansavic271@gmail.com
sekali lagi terima kasih untuk semua membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran
Mencari Sumber Keuangan dengan tingkat bunga 2% untuk Apartemen Baru, Konstruksi,
Refinance,
Konsolidasi Utang, Tujuan Pribadi atau Bisnis? Skala kecil atau besar? Sini
Datang kesempatan terbuka
Realitas Keuangan Rumah Tangga yang cukup berarti menawarkan Jasa Keuangan kepada setiap orang yang memenuhi syarat
Orang (s).
* Jumlah maksimum yang kami pinjam adalah 500.000.000,00 sebagai berikut
Mata uang: Dolar Amerika Serikat, Eropa dan Inggris Raya (GBP) e.t.c
Hubungi kami via Email: .... legitloanfirm322@gmail.com
BAIK BARU BAIK BARU
Saya adalah Ibu Mirabe Daniels saya adalah pemberi pinjaman pinjaman yang dapat diandalkan dan sah.
Kami menawarkan kondisi yang nyata dan mudah dengan tingkat bunga 2%. dari
$ 1.000 - $ 100.000. Euro dan Pound. Saya memberikan pinjaman kepada pengusaha juga untuk:
Kredit pribadi,
Pinjaman siswa,
Kredit transportasi
Pinjaman usaha
pinjaman perusahaan
hubungi saya langsung untuk informasi lebih lanjut.
Email: mirabeldanielloanfirm@gmail.com
hidup saya layak untuk dijalani dengan nyaman bagi saya dan keluarga saya sekarang dan benar-benar belum pernah melihat kebaikan yang ditunjukkan kepada saya sebanyak ini dalam hidup saya karena saya telah melalui masalah seserius anak saya menemukan kecelakaan mengerikan dua minggu terakhir, dan dokter menyatakan bahwa dia perlu menjalani operasi yang rumit agar dia dapat berjalan lagi dan saya tidak dapat membayar tagihan, kemudian operasi Anda pergi ke bank untuk meminjam dan menolak saya dengan mengatakan bahwa saya tidak memiliki nilai kredit, dari sana saya lari ke ayah saya dan dia tidak dapat membantu, kemudian ketika saya menelusuri jawaban yahoo dan saya menemukan pemberi pinjaman pinjaman mr, pedro, menawarkan pinjaman dengan tingkat bunga yang terjangkau saya tidak punya pilihan selain mencobanya dan mengejutkan itu semua seperti mimpi, saya mendapat pinjaman sebesar $ 110,000.00 untuk membayar operasi anak saya kemudian mendapatkan bisnis yang nyaman untuk membantu saya berjalan juga. saya bersyukur hari ini baik dan Anda dapat berjalan dan bekerja dan beban lebih lama pada saya lebih banyak dan kami dapat memberi makan dengan baik dan keluarga saya bahagia hari ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan berduka dengan keras di dunia keajaiban tuhan kepada saya melalui pemberi pinjaman yang takut akan tuhan ini mr pedro dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi pria yang takut akan tuhan ini di ...... pedroloanss@gmail.com terima kasih